Hari ini mungkin banyak yang sudah melupakan akan satu kisah bersejarah dalam perjalanan panjang bangsa ini meskipun setiap tahun beberapa kalangan masih mengingatnya dan membuat sebuah kegiatan untuk memperingatinya. Ya, Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober terkadang sudah dilupakan bahkan oleh pemudi dan pemuda sendiri. Hari Sumpah Pemuda memang tidak sepopuler hari-hari besar lainnya dalam sejarah bangsa ini meskipun memiliki arti yang penting dan seharusnya menjadi momentum dalam memperbaiki generasi bangsa ini.

Berbangsa, Bertanah air, dan Berbahasa satu pada saat sumpah pemuda dideklarasikan sungguh menggugah para generasi muda jika benar-benar menghayati makna dari sumpah tersebut dalam memerdekaan bangsa ini. Pertanyaannya,bagaimana generasi bangsa kita saat ini? sejauh mana peran para pemuda dalam memerdekakan bangsa ini dari keterpurukan jika pemudanya setiap hari terlibat tawuran, jatuh kedalam limbah hitam narkoba, terjerumus kedalam limbah korupsi, kolusi, dan nepotisme yang notabene adalah musuh besar bangsa ini yang membawa kejatuhan orde baru dan disana peran pemudalah yang paling besar.

Pemudi dan Pemuda seharusnya menjadi generasi yang tangguh yang membawa perubahan yang lebih baik pada sebuah bangsa seperti yang disampaikan oleh orang bijak : ” Jika kamu ingin merubah bangsamu, didiklah generasi penerus bangsamu”. Pemudi Pemuda Indonesia, bangkitlah dan lepaskan bangsamu dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

Advertisements