TUNTUTAN untuk GURU

Para pendidik/guru (apapun namanya) baik di lingkungan pendidikan formal maupun formal selalu dituntut macam-macam dalam menjalankan tugasnya, Guru harus bisa memberi contoh, guru harus melek teknologi, guru harus dapat memfasilitasi anak didik supaya dapat memahami serta mengajak anak belajar bagaimana melaksanakan keyakinan moral dalam hidup mereka sehari-hari dan masih banyak lagi tuntutan yang harus dilakukan oleh seorang guru.

Tuntutan itu mungkin sah-sah saja tetapi masalahnya ketika para guru menuntut sesuatu untuk melaksanakan tugasnya apakah ada yang mendengar? Masih ingatkah kita bagaimana perjuangan guru dalam menuntut perhatian pemerintah untuk mereka, sampai-sampai mereka melakukan aksi unjuk rasa di depan presiden demi mengajukan tuntutan mereka. Perlahan memang pemerintah mulai memberikan perhatian kepada guru meskipun lagi-lagi guru dituntut ini dan itu untuk mendapatkan tunjangan yang disiapkan untuk para guru meskipun sebagian besar adalah guru PNS. Disatu sisi kita patut mengapresiasi hal tersebut tetapi lihatlah pendidik/Guru PAUD di Kabupaten Sukabumi saat ini masih ada yang mendapatkan honor Rp. 50.000 sebulan, bukankah mereka guru juga? Mereka juga mendidik anak bangsa dan memiliki peran dalam dunia pendidikan di Indonesia, lalu dimana pemerintah bagi mereka? Bagi mereka hanya bisa mengatakan iklas bagi yang kuat dan bagi yang tidak tahan terpaksa mencari pekerjaan lain yang bisa memberikan penghasilan yang lebih baik.

Semua pihak boleh menuntut apapun kepada guru/pendidik yang ada dinegeri ini tetapi dengarkanlah tuntutan dari pendidik bukan hanya sebatas menuntut bahkan terkadang yang menyampaikan tuntutan adalah orang yang memiliki otoritas dalam pengambilan keputusan dalam meningkatkan kualitas para pendidik tetapi tidak mengambil kebijakan apa-apa dalam memperbaiki guru agar dapat memenuhi tuntutan yang ditujukan kepada mereka.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s