KURIKULUMKU SAYANG, KURIKULUMKU MALANG

Perubahan kurikulum 2013 hingga saat ini masih menuai berbagai pro dan kontra ditengah-tengah masyarakat, pergantian pemerintahan diharapkan dapat memberikan titik terang dalam permasalahan kurikulum ini dan pada akhirnya Kementerian Pendidikan Dasar, Menengah dan Kebudayaan menetapkan bahwa sekolah yang baru melaksanakan 1 semester dapat kembali pada kurikulum KTSP atau Kurikulum 2006 dan bagi sekolah yang sudah menjalankan 3 semester dapat melanjutkan penggunaan kurikulum 2013.

Dalam pelaksanaan dilapangan hal ini belum memberikan solusi yang pasti ditengah-tengah dunia pendidikan karena adanya beberapa hal yang sampai saat ini masih menjadi beberapa pertimbangan diantaranya adanya isu mengenai bantuan dana untuk pendidikan hanya akan diberikan bagi sekolah yang menggunakan Kurikulum 2013, adanya buku yang sudah diterima, guru yang akan terus dilatih untuk menggunakan kurikulum 2013 sehingga muncul pendapat untuk apa kembali ke 2006 kalau tahun yang akan datang tetap digunakan dan beberapa pertimbangan lain dari pihak sekolah. Sekolahpun terbagi ada yang menggunakan kurikulum 2013, ada yang menggunakan 2006 atau KTSP.

Pada dasarnya perubahan kurikulum tentunya selalu diperlukan dalam dunia pendidikan karena perubahan dalam berbagai bidang yang mengalami perubahan khususnya dalam dunia usaha dan dunia industri namun perubahan kurikum seyogianya membutuhkan kajian yang mendalam sebelum diterapkan. Dalam dunia pendidikan ada 3 hal yang harus diperhatikan yaitu input, proses dan output. Selama ini dunia pendidikan kita di Indonesia cenderung berorientasi pada output yang baik dan sejajar dengan negara-negara lain tanpa memperhitungkan input dan proses dalam mencapai output tersebut.

Sehebat apapun kurikulumnya, output yang baik tidak mungkin tercapai jika input dan prosesnya tidak diperbaiki, sekolah-sekolah di Indonesia tidak akan menghasilkan sumber daya manusia yang hebat jika sarana dan prasarana yang digunakan masih tetap sama, tenaga pendidik masih menggunakan metode yang sama secara terus-menerus walaupun telah berganti kurikulum, isi dari buku yang digunakan tidak ada perubahan tetapi sebaliknya sebelum kurikulum tersebut dilakukan terlebih dahulu diawali perbaikan dari sisi input dan prosesnya seperti : memperbaiki fasilitas dari sekolah seperti perpustakaan, ruang kelas yang disetting supaya terlihat menjadi ruang belajar yang menyenangkan siswa, buku-buku perpustakaan harus diperbanyak dengan buku-buku keluaran terbaru yang sesuai dengan kebutuhan siswa, koneksi internet, dan fasilitas lain yang kiranya dapat mendukung proses pembelajaran.

Dari sisi prosesnya selain melatih guru-guru untuk menggunakan kurikulum juga harus ada perubahan mindset dari seorang guru, terkadang seorang guru tidak mau merubah metode belajarnya karena merasa sudah berpengalaman dan merasa metode yang digunakan sudah baik dan berhasil sehingga jika diberikan metode baru cenderung menolak menggunakan. Jumlah siswa dan jumlah guru juga diperbaiki khususnya dalam menyangkut proses penilaian sebaiknya jumlah siswa dalam satu kelas tidak lebih dari 20 siswa dan didampingi oleh dua guru dalam satu kelas sehingga guru dapat lebih benar-benar memperhatikan perkembangan dari setiap individu peserta didik dan metode penilaian tidak lagi menjadi masalah seperti yang terjadi sekarang ini. Disamping itu harus ada peningkatan kesejahteraan guru dari sisi finansial sehingga guru benar-benar focus dalam menjalankan tugasnya. Kita harus ingat, guru adalah profesi yang terhormat sama seperti dokter, militer, hakim, pengacara dan lain sebagainya sehingga mereka juga harus sejahtera seperti profesi-profesi lainnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s