GURU PENENTU MUTU

Salah satu ujung tombak untuk merubah mutu pendidikan di Indonesia ialah guru. Pemerintah boleh berganti, kurikulum bisa berubah tetapi jika kualitas guru tidak diperhatikan maka kualitas pendidikan tidak akan berubah.

Mari kita belajar dari negara-negara lain yang ada di ASEAN seperti Thailand. Di negara tersebut profesi guru begitu dihargai baik oleh pemerintah maupun masyarakat. Memang untuk menjadi guru disanapun tidaklah mudah, ada beberapa tahapan yang harus dilalui sebelum mendapatkan kartu identitas sebagai guru yang dalam jangka waktu tertentu harus diperpanjang kembali melalui ujian layaknya sertifikasi kalau di Indonesia.

Meskipun harus melalui tahapan yang panjang tetapi reward yang diberikan oleh pemerintah seimbang sehingga tidak ada alasan bagi guru jika diminta untuk selalu meningkatkan kualiatasnya. Jika dibandingkan dengan negara kita tentunya sangat berbeda dari sisi reward terhadap guru malahan beban yang diberikan kepada guru terkadang tidak seimbang dengan reward yang diberikan terlebih pada guru swasta.

Masih banyak guru yang mendapat honor Rp. 50.000 setiap bulannya, puluhan tahun mengabdi tetapi tidak pernah menerima penghargaan apapun, sarana dan prasarana belajar yang jauh dari layak dan berbagai macam permasalahan yang dihadapi oleh guru. Sudah banyak yang meneriakkan permasalahan-permasalahan tersebut, PGRI,LSM, Media massa namun masih jauh dari penyelesaian sehinggu muncul paradigma baru dikalangan guru “ Untuk apa meningkatkan kualitas kita toh gaji yang saya terima juga akan sama”. Meskipun hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar tetapi menjadi ironis karena sesungguhnya para guru tersebut penentu wajah pendidikan kita kedepannya. (PEB)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s