MENDIDIK DALAM KETERBATASAN

IMG_0061

Pendidikan merupakan hak azasi utama seorang manusia yang harus disediakan oleh negara, pendidikan sesungguhnya bukanlah hak milik dari sebagian orang yang memiliki uang atau hanya masyarakat yang tinggal di satu wilayah tertentu saja. Pendidikan merupakan kunci dalam pembangunan sebuah bangsa menjadi sebuah bangsa yang maju. Namun sayangnya masih banyak masyarakat yang masih usia sekolah tidak mendapatkan haknya akan mendapatkan pendidikan dikarenakan dengan situasi dan kondisi yang beragam.

Anak yang harus bekerja membantu orang tua karena keadaan ekonomi, anak yang dipaksa oleh orang tuanya untuk bekerja, pandangan orang tua yang mengangap bahwa pendidikan itu tidak penting dan orang tua yang menikahkan anaknya padahal masih dalam usia sekolah dan berbagai masalah lainnya yang tentunya membuat anak terpuruk dalam ketidak tahuan dan menjadi penonton dari kemajuan zaman. Keadaan ini tentunya bukannlah hal yang diharapkan oleh bangsa ini dan sudah seharusnya dicarikan solusi dalam mengatasi masalah ini karena sesungguhnya masalah ini tidak dapat diselesaikan oleh pendidikan formal semata.

Indonesia dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 mengenal 3 jenis pendidikan di Indonesia yaitu Pendidikan Formal, Informal dan Nonformal. Pendidikan informal dan nonformal diharapkan menjadi sebuah solusi dalam mengatasi masalah pendidikan anak-anak yang tidak dapat menempuh pendidikan formal. Jika undang-undang ini dapat dijalankan dengan baik tentunya akan membawa dampak yang berarti dalam dunia pendidikan, akan tetapi dalam kenyataanya yang penulis lihat pendidikan informal dan nonformal belum difungsikan secara maksimal melainkan hanya dijadikan sebagai pendidikan lapis ke dua padahal semestinya pendidikan ini seharusnya menjadi pendidikan alternatif meskipun dengan segala keterbatasan yang dimiliki.

Mendidik dalam keterbatasan, pendidikan nonformal sebenarnya sudah memberikan kontribusi dalam memberikan hak generasi penerus bangsa ini untuk mendapat pendidikan yang memang seharusnya mereka dapatkan. Pendidikan nonformal tidak memiliki sarana dan prasarana seperti yang dimiliki pendidikan formal pada umumnya tetapi disana ada hati yang tulus untuk mendidik peserta didiknya. Para Tutor/Guru pendidikan nonformal tidak memiliki gaji dan tunjangan seperti guru disekolah formal tetapi disana ada pengabdian yang luar bisa tanpa tanda jasa demi generasi di masa yang datang. (PEB)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s