PENDIDIKAN NONFORMAL HARUS MENGADOPSI TEKNOLOGI

31564_in_Pendidi-2

Pendidikan nonformal memiliki keterbatasan khususnya di daerah-daerah yang tingkat pendidikannya masih tertinggal dengan daerah-daerah lain, tetapi satu hal yang harus kita ingat bahwa pendidikan nonformal memiliki semangat untuk maju dan berkarya. Sudah banyak yang membuktikan bahwa untuk mencapai kesuksesan tidak harus melalui pendidikan formal tetapi melalui pendidikan informal dan formal seseorang bisa maju.

Dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini tentunya semua orang bisa belajar kapan saja dan dimana saja seolah tiada batas asalkan dapat terkoneksi dengan jaringan internet. Kita mengetahui bahwa rata-rata warga belajar di pendidikan informal dan nonformal memiliki keterbatasan juga dalam belajar, ada yang bekerja,membantu orang tua, dan hal lain yang membuat mereka sulit mendapatkan waktu belajar ataupun terkadang mereka tidak memiliki waktu ke lembaga dimana mereka bernaung untuk belajar dengan tutor mereka padahal untuk bisa lulus harus mengikuti ujian yang sama seperti pendidikan formal.

 

Pengelola lembaga terkadang juga merasa kebingungan untuk mengatur waktu belajar para warga belajarnya sehingga ketika mengikuti ujian tidak lulus dan pengetahuan yang dimiliki juga tidak ada perubahan, dengan tidak adanya perubahan pengetahuan tentunya tidak akan ada perubahan perilaku. Pendidikan dengan menggunakan teknologi merupakan salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut atau sering juga disebut dengan e-learning. Dengan e-learning tutor dapat membuat kelas maya dengan menggunakan aplikasi tertentu sehingga siswa untuk belajar tinggal membuka aplikasi tersebut dan dapat mempelajari materi-materi pelajaran yang harus dikuasai baik dalam bentuk tulisan maupun dalam bentuk video. Jika ada hal yang kurang dipahami oleh warga belajar tinggal bertanya kepada tutor yang membimbingnya melalui e-mail, BBM atau Whatsapp sehingga waga belajar tidak perlu harus hadir ke lembaga setiap hari tetapi bisa belajar mandiri di rumah atau dimana saja.

 

Pengelola lembaga pendidikan nonformal seharusnya memanfaatkan ini untuk efisiensi pelaksanaan proses pembelajaran di lembaganya karena pada dasarnya pendidikan non formal bisa belajar dimana saja dan kapan saja dan teknologi sudah membuat hal tersebut lebih mudah terealisasi yang tentunya akan memberikan dampak yang lebih baik pada lembaga pendidikan khususnya pendidikan nonformal. Pendidikan non formal jika tidak ingin tertinggal dari pendidikan non formal harus mau bersahabat dengan teknologi pembelajaran. (PEB)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s