PERLUNYA REVOLUSI MENTAL

20151227_143243

Gambar diatas merupakan sebuah tempat wisata di daerah Jakarta Utara, dimana para pengunjung meninggalkan sampah ketika mereka kembali ke rumah masing-masing tanpa adanya kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya padahal pengelola tempat sudah menyiapkan tempat sampah yang sebenarnya tidak jauh dari pengunjung tersebut menikmati waktu liburannya.

Apa yang terjadi diatas merupakan salah satu bentuk lemahnya mental masyarakat kita sekaligus gagalnya dunia pendidikan kita. Tidak salah jika Presiden mendengungkan Revolusi Mental dimana tujuan utamanya adalah merubah mental warga masyarakatnya menjadi mental yang lebih baik sehingga mampu bekerja/berkarya lebih maksimal dan tentunya hasilnya akan lebih maksimal jika mental masyarakat sudah baik maka negara juga akan lebih cepat untuk maju. Perhatikan saja negara-negara maju apakah mereka dibilang sebagai negara maju hanya karena teknologi yang mereka miliki, kekayaan alam yang mereka miliki, uang yang mereka miliki? Tidak, mereka dibilang menjadi negara maju karena faktor mental warga masyarakatnya lebih hebat dibandingkan negara-negara lain.

Dengan kata lain gerakan nasional revolusi mental untuk negara ini tidak dapat lagi ditawar karena kita membutuhkan hal tersebut untuk bisa menjadi negara yang lebih baik dan maju. Gerakan tersebut sebisa mungkin harus berhasil. Tidak perlu report-report menilai keberhasilan dari revolusi mental, kita tinggal lihat saja 1 tahun kedepan apakah masih ada masyarakat yang membuang sampah sembarangan, meninggalkan sampah di daerah wisata, atau apakah masih ada kendaraan yang menerobos perlintasan kereta api padahal sudah diingatkan harus mendahulukan kereta api yang lewat dan lain sebagainya yang sebenarnya sangat mudah untuk melihat keberhasilan tersebut.

Revolusi mental tentunya harus dimulai dari kesadaran diri dari masyarakat untuk merubah dan perubahan akan lebih mudah dibentuk dari lingkungan baik dari lingkungan masyarakat terkecil maupun lingkungan masyakat yang lebih luas hingga dunia pendidikan. Dunia pendidikan tentunya memiliki peranan yang sangat penting dalam hal ini,karena pendidikan merupakan kunci sebuah perubahan. Pendidikan dalam hal ini tentunya tidak hanya pendidikan formal tetapi pendidikan nonformal dan informal tidak kalah penting dalam mengambil peranan untuk merubah mental bangsa ini sehingga perubahan mental masyarakat seperti yang diinginkan akan tercapai. (PEB)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s