STANDAR KOMPETENSI GURU DI INDONESIA

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Center for Educational Innovation and Technology (SEAMEO INNOTECH) pada tahun 2010 yang dilakukan di 9 negara di Asia termasuk salah satunya di Indonesia. Dalam penelitian tersebut ada 4 kompetensi yang penting dimiliki oleh seorang guru (pendidik) di Indonesia yaitu : Pedagogy, kepribadian, profesional, dan sosial.

Kompetensi Pedagogy

  1. Guru harus memiliki kemampuan untuk mengenal gaya belajar anak dan psikologi anak, sosial, kultur,emosional, moral dan karakter intelektual. Para Guru harus :
  • Menguji kesiapan peserta didik untuk belajar secara jasmani,sosial, moral, budaya, emosional, dan intelektual dan gunakan sumber yang tepat.
  • Mengumpulkan dan menganalisa data tentang karakter peserta siswa supaya dapat menentukan gaya belajar yang tepat.
  • Gunakan metode yang tepat sesuai dengan kebutuhan sikap dan mental peserta didik
  • Gunakan motivasi strategis yang tepat untuk mengetahui kemajuan anak
  • Identifikasi ketidakmampuan peserta didik seperti psikologi, intelektual atau emosional dan jika diperlukan perlu dibuatkan laporan khusus mengenai peserta didik tersebut
  • Identifikasi bakat yang dimiliki peserta didik
  • Identifikasi aneka macam faktor-faktor yang akan memotivasi peserta didik dalam menghadapi masalah psikologis mereka
  • Bantu peserta didik kita untuk menyelesaikan masalah psikologi mereka
  • Menghadiri pelatihan-pelatihan untuk memperkaya kemampuan guru dalam mengembangkan bakat anak
  1. Guru harus memahami latar belakang peserta didik seperti keluarga, lingkungan sosial, dan budaya. Diharapkan para guru dapat :
  • Memahami tentang kondisi keluarga peserta didik, lingkungan anak-anak tumbuh, dan latar belakang budaya peserta didik
  • Menganalisa situasi dan kondisi peserta didik sehingga dalam proses pembelajaran dapat disesuaikan dengan situasi mereka
  • Berikan penilaian terhadap latar belakang keluarga dan lingkungan dari peserta didik
  1. Guru harus memahami kesulitan yang dialami oleh peserta didik. Pendidik harus :
    • Mengenal dan memahami variasi dari gaya belajar dari masing-masing peserta didik
    • Identifikasi gaya belajar dari setiap individu
    • Kenali kesulitan-kesulitan alami yang dialami oleh peserta didik
    • Diagnosa kesulitaan belajar dan sikap peserta didik
    • Gunakan solusi-solusi alternatif berdasarkan hasil diagnosa
    • Kembangkan proses remedial dan perkaya aktivitas pembelajaran
    • Buatkan petunjuk belajar untuk peserta didik
    • Kembangkan kemampuan peserta didik untuk belajar
  2. Guru harus memiliki kemampuan untuk memfasilitasi dan mengembangkan setiap potensi yang dimiliki peserta didik. Pendidik harus :
    • Mengenali dan mengidentifikasi potensi-potensi yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik
    • Desain, terapkan dan evaluasi program untuk mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik
    • Maksimalkan segala program dan sumber daya yang dimiliki untuk mengembangkan peserta didik
  3. Guru harus menjadi ahli dalam teori dan prinsip-prinsip pembelajaran serta harus mengembangkan proses pembelajaran yang sesuai. Guru diharapkan dapat:
    • Memahami dan menggunakan filosofy-filosofy pembelajaran
    • Pahami dan terapkan teori dan desain prinsip-prinsip rencana pelaksanaan pembelajaran
    • Kenali dan gunakan prinsip kurikulum dan desain rencana pelaksanaan pembelajaran
    • Pahami dan terapkan variasi model-model pembelajaran yang inovatif dalam rencana pelaksanaan pembelajaran
    • Gunakan strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang bervariasi
  4. Guru harus menciptakan kurikulum yang mendorong peserta didik terlibat dalam proses pembelajaran. Mereka harus :
    • Menganalisa dan mengembangkan kurikulum
    • Mengembangkan mata pelajaran yang mereka ajarkan
    • Mengembangkan media-media pembelajaran yang sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran
  5. Guru harus mengembangkan kualitas proses pembelajaran. Mereka harus:
    • Gunakan teori, prinsip dan model pembelajaran yang sesuai dengan peserta didik
    • Evaluasi beberapa model pembelajaran yang diterapkan kepada peserta didik
  6. Guru harus meningkatkan proses pembelajaran. Mereka harus :
    • Gunakan kemampuan mengajar yang tepat
    • Buat aktifitas pembelajaran yang memotivasi peserta didik
    • Pilih dan gunakan metodologi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik
    • Menghadiri pelatihan-pelatihan interaksi pembelajaran untuk meningkatkan partisipasi peserta didik
    • Gunakan metode pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan
    • Gunakan laboratorium yang ada di sekolah untuk memaksimalkan proses pembejaran
    • Buat panduan belajar sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh peserta didik
    • Mengelola para peserta didik untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki
  7. Guru harus memiliki kemampuan untuk melakukan evaluasi proses dan output dari proses pembelajaran. Mereka harus :
    • Terlatih dalam teori-teori pendidikan, proses, prosedure evaluasi, dan menggunakan hasil pembelajaran untuk mengembangkan pembelajaran bagi peserta didik
    • Menggunakan variasi instrument, perlengkapan evaluasi, proses pembelajaran, dan serta menggunakan rencana pelaksanaan pembelajaran untuk mendapatkan hasil yang maksimal
    • Gunakan proses evaluasi untuk mengidentifikasi apa yang peserta didik pelajari
    • Analisa hasil evaluasi dan gunakan untuk membentuk siswa yang cendekia
    • Berikan nilai pada hasil pembelajaran dan reflesikan pada metodologi pembelajaran
    • Ambil tindakan yang diperlukan berdasarkan hasil pembelajaran untuk memastikan peningkatan kualitas dari semua aktifitas pembelajaran.

Kompetensi Kepribadian

  1. Guru harus teguh, konsisten, dewasa, dan menghormati. Guru harus :
    • Menilai hasil pembelajaran dan membuat kritik dan masukan
    • Menilai hasil pembelajaran dan secara konsisten berusaha untuk mengembangkan mereka
    • Menilai tindakan yang mereka buat dan mematuhi peraturan
    • Berlatih untuk mengontrol diri sendiri dan secara rasional menyelesaikan permasalahan yang mereka hadapi
    • Bertanggung jawab untuk setiap tindakan yang mereka lakukan.
  2. Guru harus menjadi pribadi yang patut dicontoh dalam lingkungan sosial. Mereka harus :
    • Memotivasi diri sendiri dan memiliki sikap yang baik untuk ditiru
    • Menjadi motivator diri sendiri dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
    • Menjadi model peran untuk peserta didiknya
  3. Guru harus mengevaluasi dari penampilan mereka. Mereka harus :
    • Mengevaluasi apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan diri mereka
    • Mengevaluasi hasil pekerjaan mereka
    • Mampu menerima kritik dan masukan dari peserta didiknya

Kompetensi Profesional

  1. Guru harus mengembangkan diri mereka secara berkelanjutan :
    • Gunakan sumber belajar yang bervariasi untuk menambah pengetahuan, keterampilan, dan kepribadian
    • Terlibat dalam aktifitas-aktifitas untuk mempromosikan pengembangan profesionalitas
  2. Guru harus ahli dalam mata pelajaran yang diajarakan serta memahami metodelogis untuk mempraktekkannya. Mereka harus :
    • Mengujikan dan memahami isi dari apa yang mereka ajarkan
    • Mengerti dan menggunakan metodologi yang tepat untuk mengajarkan mata pelajaran yang diampu

Kompetensi Sosial

  1. Guru harus memiliki kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dan beremphaty dengan orang tua/wali peserta didik,sesama guru, dan pihak-pihak lain yang ada di dalam lingkungan sosial. Mereka harus :
    • Mengetahui prinsip-prinsip komunikasi yang efektif dan jelas
    • Komunikasi yang efektif dan jelas dengan yang lain
    • Mengevaluasi keterampilan berkomunikasi dari peserta didiknya
  2. Guru harus berperan dalam mengembangkan sekolah dan komunitasnya. Mereka harus :
    • Guru harus membuat variasi program pendidikan yang sekolah sediakan
    • Berpartisipasi dalam beberapa program baik di sekolah maupun di lingkungan komunitas
  3. Guru harus memberikan kontribusi untuk mengembangkan pendidikan di tingkat lokal,regional, nasional, dan tingkat global. Mereka harus :
    • Mengidentifikasi dan menganalisa permasalahan pendidikan di tingkat lokal, regional, nasional dan tingkat global
    • Mengembangkan alternatif solusi dari permasalahan pendidikan baik di tingkat lokal, regional, nasional, dan tingkat global
    • Merancang program pendidikan di tingkat lokal, regional, nasional, dan tingkat global
  4. Guru harus memiliki kemampuan dalam penggunaan ICT untuk berkomunikasi baik dengan peserta didik maupun untuk pengembangan diri mereka sendiri. Mereka harus :
    • Mencaoba dan mengakses beberapa perlengkapan ICT
    • Mampu menggunakan beberapa perlengkapan ICT dengan tujuan untuk berkomunikasi
    • Gunakan ICT dengan tujuan untuk berkomunikasi, mengajar, dan pengembangan profesional

Sumber : teaching competency standards in southeast asian countries eleven country audit,SEAMEO INNOTECH REGIONAL EDUCATION PROGRAM

https://luckybright-a.akamaihd.net/LuckyBright/cr?t=BLFF&g=bafa74c2-44fd-4b7e-9ed0-7cbb04a21fdf

https://luckybright-a.akamaihd.net/LuckyBright/cr?t=BLFF&g=bafa74c2-44fd-4b7e-9ed0-7cbb04a21fdf

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s