GAYA BELAJAR

Untuk menunjang proses belajar dari kelas dan sebagai salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh seorang pendidik adalah mengenal gaya belajar peserta didiknya. Hal ini diperlukan supaya penyampaian materi dapat lebih maksimal sehingga peserta didik tidak sia-sia mengikuti pembelajaran di sekolah. Setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda dan semua itu sama baiknya meskipun belum ada penelitian yang mengatakan bahwa gaya belajar sesorang itu mutlak tetapi pada dasarnya ada gaya belajar yang dominan dalam diri seseorang untuk belajar.

Ada 3 gaya belajar pada umumnya yaitu

  • Auditorial merupakan gaya belajar yang dengan mendengar saja seorang peserta didik sudah memahami apa yang disampaikan oleh pendidik.
  • Visual,peserta didik akan lebih mudah memahami apa yang disampaikan pendidiknya jika dia sudah melihat contoh/praktek secara langsung dari pendidik
  • Kinestetik, merupakan gaya belajar dengan mempraktekkan secara langsung materi yang akan dipelajari.

Terkadang ada guru yang menyampaika bahwa sangat sulit untuk mengetahui gaya belajar seorang anak sehingga dia hanya menyampaikan pembelajaran sesuai dengan gayanya sendiri dan tentu saja peserta didik yang dikelasnya terkadang ada yamg ribut ketika dia mengajar atau melakukan aktivitas lain yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan materi yang dipelajari.

Bagaimana seorang pendidik untuk mengetahui gaya belajar peserta didiknya? Saat ini sudah banyak tes-tes yang dapat digunakan untuk mengetahui gaya belajar peserta didiknya, bisa juga dengan pengamatan secara langsung kepada peserta didik atau dengan penelitian sederhana yang dapat dilakukan seorang pendidik.

Salah satu hal yang terpenting yang dapat dilakukan oleh seorang pendidik untuk dapat menerapkan ketiga gaya belajar tersebut adalah dengan menerapkan metode-metode pembelajaran yang berbeda ketika berada di kelas. Banyak sekali metode-metode belajar yang dapat diterapkan oleh pendidik sehingga ketiganya dapat diterapkan dalam proses pembelajaran sehingga kelas dapat berjalan lebih maksimal. Menggunakan metode yang berbeda akan sangat membantu peserta didik dalam memahami materi dibandingkan menggunakan metode yang sama setiap proses pembelajaran berlangsung, metode belajar tidak tergantung pada kurikulum yang digunakan karena paada dasarnya keberhasilan proses pendidikan bukan tergantung pada kurikulum yang digunakan tetapi pada pelaku dari proses pendidikan tersebut.  Tentunya pendidik diharapkan untuk terus meningkatkan metode-metode pembelajaran yang sebenarnya setiap waktu terus berkembang sesuai dengan kemajuan zaman dan tentunya hasil proses pembelajaran yang berkembang akan menghasilkan output yang lebih baik. (PEB)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s