KARAKTER SUPAYA LEBIH SUKES MENGAJAR

Kesuksesan dari seorang pendidik akan dipengaruhi oleh karakter yang dimiliki. Dibawah ini ada 6 karakter untuk menjadi seorang guru yang sukses. Setiap guru akan mendapatkan manfaat/keuntungan dari fokus kualitas yang mereka miliki. Sukses dalam pengajaran di dalam area kehidupan tergantung sejauh mana sikap dan pendekatan dan pendekatan yang dilakukan.

  1. Humoris

Rasa humoris dapat membantu anda menjadi pengajar yang hebat.Humor akan membantu mengurangi situasi tegang di kelas sebelum terjadi kegaduhan. Rasa humor juga akan membuat kelas lebih menyenangkan dan akan lebih mudah menarik perhatian peserta didik untuk fokus/tetap perhatian pada anda. Yang lebih penting lagi, dengan humor kamu akan lebih menikmati hidupmu dan kamu akan menjadi pribadi yang lebih                            menyenangkan seperti kamu melewati tekanan dari karirmu.

  1. Sikap yang positif

Sikap yang positif merupakan aset yang sangat besar. Kamu akan banyak memberikan garis dalam hidupmu khususnya dalam profesi mengajar. Sikap positif akan membantu kamu untuk mengatasi masalah dengan cara yang terbaik. Sebagi contoh, mungkin kamu pada saat hari pertama masuk ke sekolah, kamu akan mengajar  aljabar 2 yang merupakan bagian dari aljabar 1. Ini mungkin bukan situasi yang ideal, tetapi guru dengan sikap  yang tepat akan mencoba untuk tetap fokus tanpa terpengaruh hal negatif kepada murid-muridnya

  1. Harapan yang tinggi

Guru yang efektif adalah guru yang memiliki ekspectasi tinggi. Kamu harus berusaha menghindari penghalang yang dihadapi oleh murid-muridmu.  Jika kamu mengharapkan usaha yang rendah maka kamu akan mendapatkan usaha yang rendah pula. Kamu harus bekerja dengan sikap bahwa kamu mengetahui jika para  peserta didikmu mampu mencapai level yang kamu harapkan, hal tersebut akan memberikan juga kepercayaan  diri yang tinggi dari para murid. Ini bukan berarti kamu harus membuat xpectasi yang tidak realistis.                 Bagaimanapun juga, harapanmu akan menjadi salah satu faktor dalam membantu peserta didik untuk belajar  dan berusaha.

  1. Konsistensi

Untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif siswa anda tahu apa yang diharapkan dari anda setiap  harinya. Anda harus konsisten. Ini akan menciptkan lingkingan belajar yang aman bagi para siswa dan mereka  akan lebih mungkin untuk berhasil. Sungguh menakjubkan bahwa siswa dapat beradaptasi dengan guru sepanjang hari yang berkisar dari yang ketat untuk mudah. Namun mereka tidak akan suka dengan aturan yang sering berubah-ubah.

  1. Adil

Banyak orang bingung keadilan dan konsistensi. Seorang guru yang konsisten adalah orang yang sama dari hari ke hari. Seorang guru yang adil memperlakukan siswa sama dalam situasi yang sama.Sebagai contoh,  siswa mengeluh ketidakadilan ketika guru memperlakukan satu jenis kelamin atau kelompok siswa yang berbeda. Itu akan sangat tidak adil untuk memperlakukan  pemain sepak bola lebih mudah di kelas dari pada para pemandu sorak (Cheerleaders). Siswa menangkap hal-hal seperti ini begitu cepat, jadi hati-hati dicap tidak adil.

  1. Fleksibel

Salah satu prinsip dari ajaran bahwa harus semuanya dalam keadaan konstan perubahan. Interupsi dan gangguan akan menjadi norma yang khas dalam hari-hari tertentu. Oleh karena itu, sikap yang fleksibel ini penting tidak hanya untuk tingkat stres Anda, tetapi juga untuk siswa yang mengharapkan Anda untuk bertanggung jawab dan mengambil kendali situasi.

Sumber : Alexander Raths / Shutterstock.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s