BERLATIH DAN BERLATIH

Untuk mengisi liburan idul fitri di tahun ini dikarenakan tidak mudik ke kampung halaman maka saya mengajak anak dan istri saya ke sebuah Mall di daerah Kelapa Gading Jakarta Utara. Di awali dengan makan siang bersama dengan penuh keceriaan dari kedua putriku yang mungkin merasa bahagia karena jarang dibawa jalan-jalan, kami mengelilingi mall tersebut hingga kami terhenti pada satu titik panggung dengan jejeran binatang-binatang di sekitarnya.

Ternyata di situ sedang ada pameran binatang dan juga lomba anjing, beragam jenis anjing ada disana baik yang kecil maupun yang luar biasa besarnya hadir disitu dengan terikat dengan pemiliknya. Salah satu yang menarik yang saya saksikan adalah sebuah pertunjukan dimana ada seekor anjing yang sudah benar-benar terlatih untuk melakukan gerakan-gerakan sesuai instruksi majikannya bahkan sampai bisa berhitung. Selama kurang lebih 1 jam para pengunjung di suguhkan betapa cerdasnya anjing tersebut dalam menjaga tas majikannya, melindungi tuannya dan menghalau orang yang ingin menyakiti majikannya. Dan sang majikan mengatakan bahwa dia melatih anjingnya tersebut dengan latihan rutin yang cukup lama dan penuh kesabaran.

Setelah menyaksikan pertunjukan tersebut dalam hati saya berguman, anjing saja jika dilatih secara rutin dan terus menerus dengan penuh kesabaran dapat melakukan hal yang luar biasa lalu mengapa manusia merasa ada yang tidak mampu ketika diminta melakukan sesuatu yang diluar kemampuannya padahal tanpa mencoba dan tanpa melatih dirinya untuk bisa.

Seharusnya seorang manusia dimana hakikatnya jauh lebih mulia daripada seekor anjing seharusnya mampu dalam melakukan sesuatu pekerjaan yang luar biasa asalkan mampu melatih dirinya sendiri untuk melakukannya. Berlatihlah….(PEB)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s