HARMONI PENDIDIKAN

Pendidikan di negara ini jika kita boleh jujur masih jauh dari harapan kita, masih banyak hal-hal yang terlihat jelas jika pendidikan kita belumlah menggambarkan sebuah pendidikan yang sesungguhnya. Masih besarnya tingkat korupsi walaupun sudah banyak koruptor yang tertangkap tetapi masih banyak pejabat negeri ini yang sama sekali tidak takut untuk melakukannya. Tingkat kejahatan khususnya Narkoba masih sangat besar dari semua profesi dan hampir semua  kalangan bahkan anak-anak dirasuki oleh Narkoba, seorang Ibu tega membuat vaksin palsu untuk anak-anak dan lain sebagainya.

Tindakan-tindakan yang disebutkan secara tidak langsung dapat menggambarkan bahwa pendidikan di negara kita masih belum menunjukkan jika kita sudah mencapai tujuan pendidikan sesungguhnya yaitu perubahan perilaku (change behaviour) setiap warga negara. Pendidikan kita belum membuat harmoni pendidikan yang indah dalam kehidupan kita sehari-hari, padahal akar dari perubahan individu dalam sebuah negara adalah pendidikan.

Tentunya pendidikan mencangkup pengertian yang luas mulai dari pendidikan keluarga, lingkungan, formal, maupun nonformal semua harus senada dalam membangun pendidikan di Nusantara ini. Keberhasilan pendidikan bukan masalah di Kurikulum dan di guru semata tetapi harus dipandang secara luas jika negara ini sejak merdeka telah melupakan menciptakan harmoni pendidikan yang senada untuk masyarakatnya dan kita lihat betapa tertinggalnya kita dari negara-negara lain walupun awalnya kita unggul.

Pemerintah seharusnya membuat sebuah rancangan yang secara menyeluruh untuk perubahan sistem pendidikan di negara kita sehingga kita mampu menciptakan pendidikan yang senada dan menjadi sebuah harmoni pendidikan yang akan mencapai tujuan pendidikan. (PEB)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s