MERDEKA

Peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang selalu kita peringati di tanggal 17 Agustus setiap Tahunnya selalu diiringi dengan kata Merdeka. Baik terpampang dalam spanduk, kata-kata dan atribut-atribut lain yang biasanya sangat meriah diiringi dengan lomba-lomba yang sangat menunjukkan bahwa hari itu benar-benar merupakan kemerdekaan rakyat di Nusantara ini. Namun dalam berbagai artikel di berbagai media selalu ada saja yang mempertanyakan apakah kita sudah benar-benar Merdeka? Atau itu hanya sebatas jargon saja tapi tidak dalam bentuk kenyataan yang sesungguhnya?

Indonesia masih dikenal sebagai salah satu negara yang angka korupsinya tinggi, utang luar negeri yang semakin hari semakin naik, angka penganguran masih tergolong tinggi, Narkoba yang setiap detik bisa membahayakan generasi penerus bangsa ini, arah kebijakan pendidikan yang tidak jelas dan lain sebagainya yang menggambarkan bahwa kata Merdeka masih jauh dari kata yang sesungguhnya. Tidak salah memang kita megatakan kata Merdeka karena kenyataannya secara fisik kita memang telah merdeka dari penjajahan dari bangsa-bangsa lain tetapi kita belum merdeka dari bangsa kita sendiri.

Bangsa ini masih menempuh jalan berliku untuk benar-benar merdeka, bangsa ini masih harus memerdekakan TKI yang pulang dari luar negeri dengan tenang, anak-anak harus belajar dengan merdeka tanpa ditakutkan dengan gedung sekolah yang akan rubuh, guru harus medeka dalam mendidik anak didiknya tanpa banyak intervensi dari orang tua, rakyat harus merdeka dalam malaksanakan ibadahnya tanpa ada intimidasi dari pihak manapun, rakyat harus merdeka dari penjajahan produk-produk asing dan yang pasti semua anggota masyarakat merdeka dalam menyuarakan kebenaran tanpa takut akan ancaman.

Peringatan 17 Agustus 2016 tepat 71 tahun Indonesia merdeka, kalau orang mungkin ini sudah dikatakan sudah sangat matang tetapi bagi sebuah negara ini masih belum apa-apa, negara-negara lain sudah merdeka ratusan tahun dan mereka juga masih terus bekerja dan berjuang apalagi negara kita yang baru 71 tahun masih harus terus berjuang untuk benar-benar mendapatkan kata Merdeka yang sesungguhnya. Ayo berjuang untuk Merdeka dengan bekerja. (PEB)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s