GURU DAN TEKNOLOGI

tacher

Seorang teman guru bercerita jika dia dikomplain oleh orang tua siswa karena beliau menggunakan sebuah aplikasi dalam menyampaikan materi ke siswanya. Orang tua menyampaikan supaya guru tidak memberikan PR (pekerjaan rumah) kepada siswa dengan menggunakan gadget atau berkaitan dengan penggunaan internet. Tentunya hal ini sebenarnya bukan hal yang baru karena banyak orang tua yang sampai saat ini masih berpikir bahwa teknologi tidak dapat dilibatkan dalam dunia pendidikan. Orang tua masih banyak beranggapan bahwa di tangan anak, teknologi hanya sebatas main game, medsos dan hal –hal lain yang tidak berkaitan dengan pendidikan.

Orang tua terkadang tidak menyadari bahwa sebenarnya dunia pendidikan tidak dapat lepas dari sebuah teknologi. Dulu seorang guru mengajar dengan sabak (alat tulis yang terbuat dari batu) sekarang dengan komputer dan dapat dilakukan dalam dunia maya. Dalam dunia maya dapat dibentuk sebuah kelas sehingga interaksi antara guru dengan siswa tidak hanya sebatas ruangan dalam kelas tetapi dapat berjalan sepanjang waktu. Proses pembelajaran saat ini dapat dilakukan kapan saja melalui dunia maya termasuk dalam melakukan tes/ulangan kepada siswa. Banyak sekali manfaat yang didapat dari penggunakan teknologi dalam dunia pendidikan dan perkembangan aplikasi dalam dunia pendidikan terus berkembang dan semakin mempermudah proses dalam melakukan pembelajaran antara siswa dengan gurunya.

Munculnya pernyataan orang tua kepada rekan guru yang disampaikan diatas dimungkinkan karena beberapa hal seperti :

  • Orang tua belum memahami penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan dan belum banyak mengetahui akan fungsi penerapan teknologi dalam dunia pendidikan.
  • Guru mungkin tidak melibatkan orang tua dalam kelas mayanya karena pada umumnya setiap aplikasi yang digunakan dalam dunia pendidikan dapat dikoneksikan dengan orang tua, sehingga orang tua dapat melihat apa yang dipelajari anak sampai perkembangan nilai dan kemampuan anak dalam bidang akademik.
  • Sosialisasi kepada orang tua yang belum maksimal. Masih banyak orang tua walaupun sehari-hari tidak lepas dari perkembangan teknologi tetapi terkejut jika teknologi diterapkan dalam dunia pendidikan
  • Kurangnya kepercayaan dari orang tua kepada anaknya dalam menggunakan teknologi. Banyak orang tua yang curiga anaknya akan menyalahgunakan teknologi, bukan digunakan untuk belajar tetapi digunakan untuk bermain-main.

Perkembangan dunia teknologi itu begitu cepat dalam seluruh sendi kehidupan masyakarat termasuk dalam dunia pendidikan jadi bagaimanapun juga teknologi tidak akan mungkin dilepaskan dari dunia pendidikan. Kita harus ingat bahwa hadirnya teknologi adalah untuk mempermudah hidup manusia bukan mempersulit, jika ada berbagai kasus yang muncul dalam penggunaan teknologi rasanya kurang tepat jika langsung menyalahkan teknologi karena bagaimanapun teknologi hanya sebagai tools dan yang menggunakan adalah manusia, jadi alangkah lebih tepat jika manusianya yang didik untuk menggunakan teknologi secara tepat tanpa harus menjauhkan teknologi dalam bidang kehidupannya.

Seharusnya Guru tidak perlu takut dalam penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran karena abad 21 menuntut guru untuk mampu mengajar dengan penggunaan teknologi. Sosialisasi dan melibatkan orang tua serta keterbukaan orang tua merupakan kunci keberhasilan dalam penerapan teknologi dalam dunia pendidikan sehingga akan menghasilkan ouput pendidikan yang lebih baik. (PEB)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s