GURU YANG HEBAT GURU YANG MAU BELAJAR

Dunia pendidikan merupakan dunia yang dinamis, dunia dimana setiap hari bertumbuh ilmu-ilmu baru di sekitar kita. Sebuah penelitian menyatakan bahwa setiap hari ada 3000 artikel muncul di internet yang artinya setiap hari ada 3000 ilmu baru yang hadir di tengah-tengah dunia. Guru sebagai salah satu pilar dari penyebaran ilmu melalui peserta didiknya tentunya dituntut untuk dapat mengupdate dari ilmu-ilmu yang dimiliki.

Seringkali guru sudah merasa bahwa ilmu yang dimiliki sudah cukup karena materi yang diajarkan juga sama dari tahun ke tahun, bersumber dari buku yang sama, LKS (Lembar Kerja Siswa) yang sama sehingga tidak perlu lagi repot-repot mengupdate ilmu yang sudah dimiliki padahal tanpa disadari ilmu yang dimiliki dapat lebih dikembangkan sehingga ilmu yang disampaikan ke siswanya dapat lebih update dan tidak ketinggalan zaman. Jika memang materi yang sama tentunya penyampaian materinya yang perlu dirubah setiap kali seorang guru melakukan proses pembelajaran sehingga siswa dan guru tidak merasa jenuh dalam belajar hal yang sama.

Materi yang update akan membawa pemikiran yang baru dari siswa, tentunya seorang guru yang hebat tidak ingin dari tahun ke tahun menghasilkan siswa dengan kemampuan yang sama tetapi guru yang hebat akan berusaha jika setiap siswa yang dihasilkan dari kelasnya dapat terus mengalami peningkatan. Sebagai contoh jika lulusan tahun sebelumnya belum mampu lulus dari ujian masuk perguruan tinggi negeri tentunya tahun selanjutnya guru akan berusaha supaya siswanya ada yang berhasil masuk pada perguruan tinggi negeri dan tentunya tidak bisa dilakukan dengan cara dan materi yang sama.

Saat ini pemerintah juga sedang gencar-gencarnya dalam mengupdate pengetahuan para guru supaya kemampuan/skill seorang dapat lebih meningkat. Salah satunya dengan hadirnya “guru pembelajar” yang dicetuskan dalam masa kepemimpinan Bapak Anis Baswedan. Dalam program ini guru dituntut untuk dapat aktif dalam belajar dan terus belajar supaya kemampuan guru dapat terus meningkat dan lebih baik. Melalui program ini Indonesia ingin menunjukkan bahwa guru-guru di Indonesia adalah guru yang hebat yaitu guru yang mau belajar sepanjang hayat. (PEB)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s