MANFAAT ILMU

Beberapa hari yang lalu saya bertemu dengan salah satu mantan murid saya dulu di sebuah SMK di Jakarta Utara, beliau saat ini sedang kuliah di sebuah perguruan tinggi swasta di daerah Jakarta Utara. Disamping kuliah dia memiliki kesibukan lain seperti melatih dance karena setahu saya memang di jago dance di sekolah,membuat video dan di upload di Youtube, dan megerjakan beberapa projek dari freelancer.

Kami berbicara mengenai kesibukan dia saat ini dan satu hal yang mengejutkan saya adalah kalau dia saat ini aktif mengerjakan beberapa proyek di freelancer “Seperti yang pernah bapak ajarkan mengenai beberapa proyek yang bisa kita dapat di freelancer” kata beliau ketika dia bercerita bagaimana dia memanfaatkan internet untuk menghasilkan income disamping membuat video dari youtube.

Terus terang hal ini membuat saya merasa banga, terharu dan ada sesuatu perasaan yang tidak dapat tertuliskan ketika mendengar apa yang dia sampaikan karena apa yang dulu saya sampaikan di depan kelas memberikan manfaat bagi murid saya dan yang pasti hal tersebut bagi dia menjadi sebuah inspirasi. Dari hasil tersebut saya dapat menyampaikan bahwa sesungguhnya salah satu keberhasilan dari kita dalam mendidik siswa adalah ketika kita mampu menginspirasi mereka untuk menjalani hidup mereka dengan semangat optimis selain itu sekecil apapun ilmu yang kita berikan kepada siswa kita akan memberikan manfaat bagi siswa kita, jika tidak sekarang, kedepannya mereka akan merasakan manfaat dari ilmu yang kita berikan.Iklaskan hati kita memberikan ilmu/sharing ilmu kepada orang lain maka ilmu tersebut akan bermanfaat bagi yang menerimanya. (PEB)

Leave a Reply

