PENDIDIKAN MORAL

Di tahun ini banyak sekali berita-berita di media massa yang mempertontonkan rendahnya moral masyarakat di negeri ini yang tentunya sangat bertentangan dengan ideologi bangsa kita sebagai negara yang berideologikan pancasila dan tentunya religius. Ada orang tua yang menelantarkan anaknya dan tidak mengakuinya sejak kecil sampai dewasa, kekerasan dalam dunia pendidikan, penculikan anak-anak, saling menyerang dan menghujat melalui media sosial dan lain sebagainya yang tentunya membuat orang-orang menjadi miris ketika menyaksikannya.

Apa yang terjadi di masyarakat merupakan buah dalam dunia pendidikan, kita harus mengakui bahwa ternyata pendidikan kita belum menghasilkan buah-buah yang baik bagi masyarakat. Presiden telah berganti, Kurikulum berganti, aturan demi aturan yang mengatur pendidikan terus bermunculan yang harusnya membawa dampak perubahan yang baik dalam dunia pendidikan kita.

Seperti biasanya kita selalu mencari kambing hitam yaitu pengaruh negatif dari internet, tayangan televisi yang tidak sesuai dengan adat istiadat, pengaruh buruk dari lingkungan luar dan sebagainya. Kita terkadang lupa bahwa sebenarnya jika pendidikan kita baik khususnya pendidikan moral untuk generasi penerus bangsa sudah baik pengaruh apapun akan difilter dengan baik sehingga tidak akan membawa pengaruh buruk bagi masyarakat. Internet, siaran televisi pada dasarnya hanya tools/alat dimana yang membuat, menciptakan dan mengisi contentnya adalah manusia, sekarang apakah manusianya sudah mendapatkan pendidikan moral yang baik? Ini yang seharusnya kita pikirkan dengan baik. Kita tidak akan dapat mengharapkan isi tayangan televisi yang baik jika orang-orang dibelakangnya tidak memikirkan moral yang akan menikmati tayangan dari siaran yang dia buat dengan berlindung pada kata hiburan.

Begitupun dalam mendapatkan content internet yang baik, content yang baik tentunya harus diisi dengan orang-orang baik di dalamnya bukan malah terpengaruh untuk membuat content yang kurang baik sesuai dengan yang ada di pikirannya tanpa menghiraukan jika content yang akan dibuat akan membawa danpak bagi orang yang melihatnya. Satu hal yang utama pendidikan kita harus mengarah kesana, ciptakan manusia-manusia yang bermoral baik sehingga ketika menciptakan suatu inovasi yang baru akan membawa dampak yang baik bagi masyarakat bukan sebaliknya.(PEB)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s