BERBAKTI UNTUK NEGERI MELALUI PENDIDIKAN

Tentunya kita harus percaya bahwa negeri ini masih memiliki generasi-genarasi yang peduli terhadap masa depan bangsa ini. Dan sebenarnya hal itu sudah terlihat dari program Indonesia mengajar yang diluncurkan oleh Anies Baswedan dimana banyak generasi muda kita yang sudah memiliki pekerjaan mapan dengan sukarela meninggalkan pekerjaan mereka dan mengabdikan diri mereka menjadi seorang pendidik di daerah terpencil di Nusantara ini.

Program ini sesungguhnya dapat menjadi contoh bagi seluruh penghuni negeri ini untuk dapat lebih meningkatkan kualitas pendidikan dan juga memperluas akses seluruh anggota masyarakat untuk mendapatkan kualitas pendidikan yang terbaik sesuai dengan hak dasar sebagai seorang warga negara Indonesia. Harapan kita sebagai anak bangsa tentunya program seperti dapat terus berlanjut dan dapat diikuti oleh seluruh komponen bangsa. Jika zaman dulu rakyat di Nusantara ini bejuang membela Bangsa ini untuk mendapatkan kemerdekaan, kini saatnya komponen seluruh bangsa ini dapat berjuang untuk memerdekakan masyarakat dari keterpasungan ketertinggalan pendidikan di negeri ini.

Berbakti dalam hal ini tidak semata-mata ikut dalam program Indonesia mengajar yang dicetuskan oleh Anies Baswedan tetapi pada dasarnya bakti kita dapat lakukan melalui lingkungan kita sendiri. Kita dapat mengajarkan anak-anak sekitar kita yang butuh pendidikan, pendidikan dalam hal ini bukan semata-mata mengajarkan sesuatu ilmu kepada peserta didiknya tetapi pendidikan dapat kita lakukan dengan hal-hal kecil tetapi dapat memberikan dampak besar bagi anak-anak kita seperti memberikan contoh dalam bertutur kata dengan baik,memberi rasa hormat pada yang lebih tua dan orang yang pantas dihormati, toleransi dengan sesama dan hal-hal lain yang sekiranya dapat kita lakukan. Jika kita bisa mengajarkan hal-hal tersebut kepada anak-anak di lingkungan sekitar kita dan seluruh komponen bangsa ini dapat melakukannya itu merupakan suatu bakti yang luar biasa bagi negeri ini.

Lingkungan yang terdidik akan menciptakan generasi terdidik, generasi terdidik dari lingkungan yang terdidik akan lebih hebat dibandingkan dengan generasi yang terdidik tetapi tidak bisa mendidik. Orang yang diberi lebel orang terdidik dari selembar ijasah belum tentu mampu membangun negeri ini tetapi orang yang terdidik dari lingkungan yang terdidik akan jauh lebih banyak memberikan kontribusi bagi Nusantara ini. (PEB)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s