TIPS MENGAJAR

Bagi saya pribadi mengajar itu adalah sebuah seni, beraneka macam gaya dan metode mengajar yang ada hingga saat ini bukanlah sesuatu hal yang mutlak karena pada dasarnya pendidikan itu sendiri bersifat dinamis. Dari pengalaman sebagai seorang pendidik, berikut ini ada beberapa tips yang dapat dilakukan ketika kita mengajar :

  1. Persiapan. Satu hari sebelumnya atau malam sebelum kita mengajar sebaiknya siapkan materi yang akan kita ajarkan karena kesuksesan kita dalam melaksanakan pembelajaran adalah persiapan, persiapan, dan persiapan. Tanpa persiapan yang baik jangan berharap proses pembelajaran berjalan dengan baik meskipun kita sudah menjadi guru senior dan berulang kali mengajarkan materi yang sama tetapi kita harus ingat mengajar kepada orang yang berbeda tentunya harus dengan cara dan persiapan yang berbeda juga.
  2. Mencari referensi lain, Sebaiknya kita jangan hanya mengacu pada buku pelajaran semata saja tetapi sebaiknya kita mencari sumber-sumber lain yang relevan dengan materi yang kita ajarkan, selain untuk menambah wawasan kita sebagai seorang pendidik tentunya secara tidak langsung akan menambah pengetahuan peserta didik kita juga.
  3. Menyiapkan video atau gambar yang berkaitan dengan materi, Supaya proses pembelajaran lebih menarik sebaiknya ditambahkan dengan video atau gambar yang berkaitan dengan materi pelajaran yang kita ajarkan sehingga peserta didik tidak jenuh dengan hanya membaca tulisan-tulisan yang ada di papan tulis atau slide yang telah kita siapkan.
  4. Siapkan Humor. Suasana kelas diusahakan serileks mungkin dan humor menjadi senjata ampuh untuk itu. Kita tidak perlu pintar melawak untuk mencairkan suasana. Humor dapat berupa gambar lucu atau video lucu yang pasti dapat membuat suasana kelas tidak terlalu tegang.
  5. Minum air putih. Mengajar itu melelahkan meskipun banyak orang yang meragukan itu dan tentunya kita perlu untuk menjaga kondisi tubuh kita tetap sehat dan fit supaya dapat terus mengajar peserta didik kita. Salah satu yang mudah tetapi sering dilupakan adalah banyak minum air putih baik sebelum mengajar ataupun sesudah selesai mengajar.
  6. Motivasi diri. Rasa lelah dan malas sebagai manusia biasa tentunya pasti ada dalam diri sebagai seorang pendidik, oleh karena itu seorang pendidik harus dapat memotivasi dirinya sendiri karena bagaimanapun motivator terbaik adalah diri kita sendiri. Jika mood kita sedang turun berkatalah pada diri sendiri : “ Aku seorang pendidik dan mengajar adalah tanggung jawabku”.
  7. Metode pembelajaran. Gunakan metode pembelajaran yang bervariasi, kita harus menyadari seorang anak belajar di sekolah antara 7 – 8 Jam/hari dan jika mereka merima pembelajaran dengan metode yang sama dalam setiap mata pelajaran, jangankan mereka, orang dewasapun akan cepat jenuh dan pastinya hasilnya tidak akan maksimal.

Semoga Bermanfaat. (PEB)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s