ORANG KREATIF

Banyak peneliti yang telah mempelajari tentang orang kreatif, dengan tujuan untuk mencari persamaannya dan mencoba mencari tahu hal-hal apa saja yang membentuk orang-orang kreativitas. Sebagian besar peneliti menunjukkan empat ciri khas orang kreatif :

Keberanian – Orang kreatif berani menghadapi tantangan baru dan bersedia menghadapi risiko kegagalan. Mereka penasaran ingin mengetahui apa yang terjadi. Richard L. Weaver II, dosen di Universitas Bowling Green, pernah berkata, kreativitas berarti kemauan berwisata di suatu wilayah yang baru.

Ekspresif – Orang kreatif tidak takut menyatakan pemikiran dan perasaannya. Mereka menjadi dirinya sendiri. T.J Twitchell, konsultan keuangan di Merrill-Lynch, mengatasi kecemasannya akan cold – calling (menelepon konsumen untuk menawarkan jasa atau barang) dengan cara berdiri dang mengenakan topi penerbang bergaya pemain bisbol. Dengan demikian, dia dapat menganggap cold – calling sebagai suatu petualangan dan membantu dia menjadi salah satu pialang paling top di Merrill-Lynch.

Humor – Humor berkaitan erat dengan kreativitas. Jadi kita menggabungkan hal-hal sedemikian rupa sehingga menjadi berbeda, tak terduga, dan tidak lazim, berarti kita bermain-main dengan humor. Menggabungkan berbagai hal dengan cara yang baru dan bermanfaat akan menghasilkan kreativitas.

Intuisi – Orang kreatif menerima intuisi sebagai aspek wajar dalam kepribadiannya. Mereka paham bahwa intuisi umumnya berasal dari sifat otak kanan, yang memiliki pola komunikasi berbeda dengan belahan-otak kiri.

Ciri psikologis lain yang umumnya dimiliki orang kreatif yang diidentifikasikan David N.Perkins, Wakil Direktur Project Zero di Universitas Harvard, adalah :

  • Dorongan untuk menemukan keteraturan dalam keadaan kacau balau
  • Minat menemukan masalah yang tidak umum, juga penyelesaiannya
  • Kemampuan membentuk kaitan-kaitan baru, dan menentang anggapan tradisional
  • Kemampuan menyeimbangkan kreasi gagasan dengan pengujian dan penilaian
  • Hasrat untuk melenyapkan berbagai hal yang membatasi kemampuan mereka
  • Termotivasi oleh masalah/tugas itu sendiri, bukannya oleh keuntungan lain, seperti uang, jabatan, atau popularitas

Sifat-sifat diatas dapat diajarkan dan ditumbuhkan, tetapi sistem pendidikan kita dewasa ini sudah sangat disibukkan oleh keterbatasan anggaran dan masalah sosio-ekonomi, seperti narkoba, putus sekolah, dan kejenuhan guru sehingga belum cukup perhatian dicurahkan untuk mengajar murid berpikir dan bertindak lebih kreatif. Murid tidak dirangsang untuk menemukan dan mendefinisikan masalahnya sendiri, kekacauan tidak dianjurkan. Murid tidak diajari mencari dan menghargai lebih dari satu jawaban terhadap masalah. Terlalu banyak penekananan pada jawaban yang benar dan pemikirian yang “aman”.

Secara alamiah, anak-anak itu kreatif, tidak konvensional (tidak mengikuti adat),penuh humor, dan mudah bosan. Sistem pendidikan kita menganjurkan disiplin, keptuhan, dan pemberian jawaban yang sesuai dengan keinginan guru sehingga sifat-sifat alami tersebut sering padam.

Sistem seko­­­­­lah yang menginginkan keteraturan dan kedisiplinan, serta anak yang menyesuaikan diri dengan sistem agar terhindar dari kegagalan dan tertawaan, akhirnya membentuk lingkungan yang sedang-sedang (mediocrity). Rasa takut gagal mulai mendominiasi sifat ingin tahu yang alami pada anak. Pelatihan kreativitas dapat menghapus akibat negatif sistem pendidikan kita, serta memungkinkan seseorang kembali ke sifat unik yang alamni pada dirinya.

Apabila seseorang telah menemukan kreativitasnya, mereka cenderung menjadi mandiri, percaya diri, berani mengambil risiko, berenergi tinggi, antusias, spontan, suka berpetualang, cermat, selalu ingin tahu, humoris, suka bermain, dan polos seperti anak-anak.

Walaupun mengenali sifat-sifat yang mendorong kreativitas merupakan hal yang penting. Lebih penting lagi mengingat bahwa kita semua terlahir dengan kemampuan mencipta. Memahami proses kreativitas dapat meningkatkan kemampuan kreatif kita.

Sumber : Wycoff, Joyce, Menjadi super kreatif melalui pemetaan pemikiran, 2003

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s