MEMBACA

Seperti yang sering kita saksikan dalam perjalanan kepemimpinan Presiden Jokowi dimana sering menyampaikan pesan dengan tindakan-tindakan dengan penuh makna. Seperti halnya dengan membeli beberapa burung di Pasar Pramuka Jakarta dan melepaskannya di kompleks istana bogor, pada malam tahun baru hanya duduk dengan menggunakan sarung di depan rumah, mengunjungi proyek yang mangkrak pada pemerintahan sebelumnya dan lain sebagainya yang dilakukan dengan tujuan memberikan pesan kepada berbagai pihak akan permasalahan tertentu.

Hal yang sama juga beliau lakukan ketika berkunjung ke Ambon pada hari Rabu yang lalu dimana dia melakukan rangkaian kunjungannya dengan mengunjungi sebuah toko buku terkenal dan membeli dua buah buku. Apa yang dilakukan Jokowi tentunya menyimpan makna dimana dia mengatakan “minat baca masyarakat kita rendah dan perlu dilakukan injeksi” dan apa yang disampaikan beliau itu memang benar. Dalam sebuah penelitian oleh lembaga internasional, minat baca masyarakat kita sangat rendah. Menurut lembaga tersebut dari 65 negara, Indonesia menempati urutan yang ke 64. Jika dianalogikan minat baca itu seperti sebuah gedung pencakar langit maka Indonesia itu merupakan bagian basement gedung tersebut.

Dengan kunjungan Jokowi ke toko buku merupakan salah satu injeksi bagi masyarakat bahwa kita perlu meningkatkan daya baca dan tentunya hal tersebut harus kita respon cepat, dengan menggalakkan minat baca untuk semua lapisan masyarakat seperti harapan pak Presiden karena itu bagian dari mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara. Dunia pendidikan memegang peranan penting dalam hal ini dengan harapan apa yang diharapakan oleh pak Presiden dapat tercapai dan minat baca masyarakat dapat meningkat. Membaca memiliki manfaat yang sangat besar bagi seseorang, dapat mengetahui berbagai hal yang terjadi di dunia, memberikan inspirasi dan bisa juga digunakan sebagai salah satu alternatif soluisi dalam mengatasi kecanduan anak akan gadget, menghindarkan diri dari berita-berita hoak yang merajarela dan lain sebagainya, oleh karena itu sudah saatnya kita untuk lebih sering membaca khususnya buku.Mari Membaca. (PEB)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s