Saat ini disadari atau tidak tantangan zaman yang begitu cepat berubah menjadikan tugas dan tanggung jawab seorang guru menjadi lebih berat. Anak-anak yang telah mengemgam teknologi sesuai dengan perkembangan zaman saat ini dimana mereka dengan mudah memperoleh informasi, ilmu, dan pengetahuan secara mudah membuat sebagian siswa merasa bahwa sekolah bukan lagi menjadi hal yang utama karena apa yang disampaikan oleh guru di sekolah telah mudah mereka pelajari melalui gadget yang ada di tangan mereka bahkan melebihi apa yang diketahui oleh gurunya.

Arah dunia saat ini dimana segala sesuatunya diarahkan ke arah dunia digital termasuk di dalam dunia pendidikan menuntut guru menyesuaikan dengan perkembangan yang ada dan bukan tidak mungkin guru yang tidak dapat mengikuti perkembangan akan tersingkir dengan sendirinya. Revolusi Teknologi tidak dapat diabaikan oleh guru karena hal itu juga akan mempengaruhi lembaga yang mereka naungi. Sebagai contoh sekolah yang tidak dapat mengikuti perkembangan zaman saat ini lambat laun akan ditinggalkan oleh masyarakat dan beralih ke sekolah yang menggunakan teknologi karena tidak bisa dipungkiri bahwa sekolah yang didukung oleh teknologi akan lebih baik dalam mempersiapkan lulusannya dalam menghadapai dunia kerja yang hampir secara keseluruhan mengarah pada perkembangan dunia teknologi. Sama halnya bisnis yang tidak dapat mengikuti perkembangan zaman akan tersingkir dengan sendirinya seperti yang kita lihat saat ini dengan banyaknya usaha-usaha ritel yang berguguran satu persatu dikarenakan terlambat menyadari akan adanya perubahan yang begitu cepat.

Mau tidak mau, suka atau tidak suka. Profesi guru dituntut untuk lebih update dalam menggunakan teknologi khususnya dalam teknologi dunia pendidikan yang saat ini juga berkembang sangat cepat. Jangan sampai ada guru yang tersingkir karena tertinggal dalam penguasaan teknologi. Kita tidak dapat menghindari ini karena seperti yang telah kita lihat saat ini banyak profesi yang telah tersingkir dikarenakan dahsyatnya perkembangan teknologi. Jasa marga mengurangi karyawan karena saat ini sudah diarahkan oleh e-toll, Bank sudah mengambil ancang-ancang untuk mengurangi karyawan karena saat ini perbankan sudah mengarah ke Digital, Pengusaha hotel terancam karena kehadiran aplikasi yang membuat biaya penginapan lebih murah dan banyak profesi yang akan tersingkir karena teknologi meskipun profesi guru tidak akan mudah tergantikan oleh teknologi tetapi kita harus ingat guru yang dibutuhkan di zaman ini adalah guru yang melek teknologi yang disebut dengan guru zaman now. (PEB)

 

Advertisements