Negara-negara di dunia saat ini sedang sibuk untuk mengembangkan dunia pendidikan mereka menuju pendidikan yang ideal atau setidaknya bersiap dalam melakukan pendidikan berbasis dunia digital. Indonesia apa kabar? kalau saya lihat tidak ada hal yang mengembirakan dalam dunia pendidikan kita saat ini. Negara ini selalu disibukkan dalam melaksanakan kurikulum yang berlarut-larut dan tidak jelas dimana seolah-olah keberhasilan pendidikan ditentukan oleh kurikulum yang digunakan, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Menteri yang tidak ada gerakan dan tidak tahu mau dibawa kemana dunia pendidikan di Indonesia ini.

Saya tidak melihat gerakan dari pemerintah untuk mempersiapkan guru-gurunya dalam mendidik peserta didik di era zaman skarang atau dikenal dengan nama anak zaman now atau dalam melaksanakan metode pendidikan di lima tahun ke depan yaitu BYOD (Bring Your Own Device) yang saat ini tengah populer di berbagai belahan dunia. Dengan BYOD, anak-anak hanya akan belajar dari device yang dia bawa sehari-hari seperti Smartphone atau tablet, lalu apakah guru-guru di Indonesia sudah siap dalam melaksanakan metode tersebut atau jangan-jangan pendidikan kita akan jauh lebih tertinggal dan tertinggal dibandingkan dengan negara-negara lain?

Hal ini tentunya harus dipersiapkan dari saat ini, jika tidak kita akan terus-menerus tertinggal dan tertinggal dari negara-negara lain. Infrastruktur pendukung harus disiapkan, kemampuan guru juga harus ditingkatkan dan tentunya kesiapan siswa dalam melaksanakan metode ini. Negara ini butuh perubahan dalam dunia pendidikan karena hal ini akan menentukan kemampuan dari generasi pengganti dimasa yang akan datang. Jika saat ini akan dimulai dengan belajar dengan menggunakan device maka selanjutnya mereka akan siap menghadapi dunia bisnis melalui device yang mereka gunakan. Kita akan menghadapi Bonus demograpi dimasa yang akan datang, bagaimana nasib dari usia-usia produktif disaat hal itu terjadi jika tidak kita persiapkan dari sekarang ini? sedangkan saat ini saja para generasi-generasi yang akan menghadapi kondisi tersebut sudah mengeluh karena soal UNBK yang sulit? dan saya rasa bukan karena kaum milenial yang cengeng tetapi sistem pendidikan kita yang kita harapkan meningkat tetapi tidak mampu memberikan input supaya hal tersebut tercapai. Selamatkan Dunia Pendidikan Indonesia.

Advertisements