FLIP CLASSROOM

Dalam metode pembelajaran abad 21 dimana semua mengarah ke konsep digital sesuai dengan perkembangan zaman saat ini tentunya diharapkan ada satu metode yang dapat diterapkan dalam dunia pendidikan kita saat ini, baik pendidikan formal maupun nonformal. Metode pembelajaran dalam dunia pendidikan tentunya sangat banyak tetapi untuk mengarah ke konsep digital saat ini masih sedikit meskipun sudah mulai bermunculan konsep-konsep dari pakar dunia pendidikan tentang metode pembelajaran yang mendukung pendidikan di abad 21

Salah satu konsep yang saat ini sedang muncul adalah flip classroom, salah satu metode pembelajaran yang dinilai tepat untuk diterapkan dalam dunia pendidikan yang berbasis konsep digital. Flip classroom sendiri sudah banyak digunakan oleh guru-guru di Amerika yang menurut salah satu hasil penelitian mereka adanya peningkatan nilai yang dicapai oleh siswa dengan menggunakan metode ini khususnya dalam mata pelajaran matematika dan bahasa Inggris.

Metode ini diterapkan karena memiliki keterkaitan dengan penggunaan teknologi termasuk dalam mobile tecnology sehingga peserta didik/siswa dapat belajar kapan saja dan dimana saja tanpa terikat dalam situasi dan kondisi tertentu untuk belajar. Pemanfaatan teknologi dikalangan peserta didik juga jauh lebih bermanfaat, tidak hanya sekedar untuk media sosial dan game tetapi fungsinya akan bergeser kearah yang lebih mendidik.

Orang tua tidak perlu lagi report-report jika ingin mengetahui apa yang dipelajari anak disekolah karena orang tua dapat memonitor semua materi yang disampaikan oleh guru disekolah melalui sebuah teknologi yang digunakan oleh sekolah dan guru dimana anak tersebut sekolah. Dari gengaman orang tua anak bisa mengetahui perkembangan anaknya disekolah khususnya bagi orang tua yang hanya memiliki sedikit waktu untuk memonitoring anaknya atau kondisi georgrafis yang mengharuskan orang tua harus berjauhan dengan sang anak sehingga jarang bertemu secara langsung meskipun pada dasarnya untuk seorang anak bertatap muka secara langsung akan lebih baik.

Apa itu Flip Classroom?

Flip Classroom merupakan sebuah metode pembelajaran dimana siswa/peserta didik telah mempelajari terlebih dahulu materi yang akan dipelajari disekolah sehingga pada saat masuk ke kelas para siswa tinggal melakukan praktek atau latihan soal saja atau bertanya tentang hal-hal yang tidak mereka pahami mengenai materi yang mereka pelajari. Dengan kata lain dengan metode ini guru tidak lagi menjelaskan panjang lebar di depan kelas karena dirumah peserta didik sudah mempelajari materinya baik melalui buku, video pembelajaran, blog guru, dan aplikasi lain yang dibuat oleh guru untuk menyampaikan materinya kepada siswa. Intinya dalam flip classroom adalah kelasnya dibalik, jika dalam pendidikan konvensional guru menerangkan didepan kelas lalu peserta didik latihan/praktek dirumah melalui yang namanya PR (Pekerjaan Rumah) tetapi dalam flip classroom berlaku sebaliknya, siswa belajar dirumah dan praktek didalam ruang kelas. Jika dalam pendidikan konvensional posisi guru berada di depan untuk menjelaskan panjang lebar akan materi pelajaran, dengan flip classroom guru berada bersama-sama dengan siswa untuk memecahkan masalah/soal yang mereka temukan.

 

 

Aplikasi yang dapat digunakan?

Ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan dalam mendukung terselenggaranya flip classroom dalam proses pembelajaran. Berikut ini beberapa aplikasi yang dapat digunakan berdasarkan pengalaman penulis dalam melakukan proses pembelajaran, diantaranya :

  1. Edmodo

Edmodo merupakan sebuah aplikasi yang tampilannya mirip dengan facebook tetapi aplikasi ini di desain untuk dunia pendidikan dan aplikasi ini sering disebut sebagai kelas maya. Dalam edmodo dapat kita buat kelas-kelas sesuai dengan kelas yang diajar oleh guru. Guru dapat menyimpan bahan ajar, guru dapat memberikan kuis secara online sehingga lebih menghemat waktu untuk melakukan kuis/ulangan, guru dapat saling sharing dengan guru lain baik di dalam maupun diluar negeri, Guru dapat menginput nilai siswa secara langsung dan edmodo dapat juga melibatkan orang tua siswa sehingga dengan mudah orang tua dapat melihat/mengecek nilai anaknya disekolah.

 

Dengan edmodo, peserta didik dapat dengan mudah melihat/mencari bahan ajar yang akan diajarkan oleh guru di keesokan harinya dan tentunya siswa dapat belajar kapan saja dan dimana saja karena aplikasi ini berbasis web sehingga selama ada akses internet maka peserta didik dapat terus belajar dan mengupadate informasi yang ada dikelasnya. Dengan Edmodo juga akan mempermudah guru untuk saling berkomunikasi dengan peserta didiknya.

  1. Blog

Blog merupakan jurnal pribadi yang bersifat umum dan dapat diakses secara terbuka. Dengan menggunakan blog guru dapat menginput materi/bahan ajar ke dalam blognya dengan membuat sebuah pages atau category dalam blog tersebut sehingga dengan mudah siswa dapat membaca ataupun mendownload materi-materi ajar yang disediakan oleh guru untuk mereka gunakan dalam belajar. Dalam blog juga kita dapat memasukkan video-video tutorial untuk mempermudah peserta didik dalam belajar.

  1. Google sites

Aplikasi terstruktur yang digunakan untuk membuat sebuah website atau blog. Media ini juga dapat digunakan dalam dunia pendidikan dan cara membuatnya juga tergolong mudah dan disimpan dalam google.docs, jadi akan lebih mudah dan aman. Meskipun dalam google sites tidak disediakan fasilitas drag and drope tetapi dalam pembuatannya masih tergolong mudah dan tampilan cukup menarik sehingga siswa atau peserta didik kita tertarik untuk melihat google sites yang kita buat.

Dan masih banyak lagi aplikasi-aplikasi lain yang dapat digunakan sesuai dengan selera dan kemampuan dari seorang pendidik untuk menerapkannya dalam proses pembelajaran.

Langkah-langkah memulai flip classroom

  1. Memilih aplikasi yang ingin digunakan
  2. Menginformasikan/sharing kepada peserta didik
  3. Membuat content digital dapat berupa video tutorial atau bentuk lain yang dapat disesuaikan oleh pendidik

 

  1. Menyiapkan materi/bahan ajar yang akan digunakan selama 1 semester atau 1 tahun ajaran
  2. Mengupload materi/bahan ajar yang telah disiapkan

Kelebihan dan kekurangan

Tentunya dalam sebuah metode pembelajaran ada kelebihan dan ada kekurangan, begitupun dalam flip classroom ada kelebihan dan kekurangannya yang dapat penulis sampaikan seperti berikut ini :

Kelebihan

  1. Proses belajar siswa lebih fleksibel
  2. Waktu siswa di dalam kelas dapat lebih efektif untuk mengerjakan soal atau mempraktekkan apa yang telah dipelajari
  3. Guru dapat lebih fokus untuk menjadi fasilitator dalam pemecahan masalah yang dihadapi siswa ketika mengerjakan soal atau praktek.
  4. Peserta didik memiliki lebih banyak waktu untuk lebih mengexplore/mengali materi-materi yang didapatkan dari gurunya
  5. Proses pembelajaran tidak berjalan monoton
  6. Guru dituntut untuk lebih update dalam perkembangan dan penggunaan teknologi

Kekurangan :

  1. Diharapkan koneksi jaringan internet yang baik.
  2. Guru dan siswa harus memiliki prasarana yang mendukung kegiatan pembelajaran seperti komputer/laptop, smart phone, atau tablet.

Untuk sesuatu yang baru memang membutuhkan waktu, terkadang jika penulis mensosialisasikan mengenai metode ini selalu mendapatkan tanggapan yang beragam dan cenderung menolak karena merasa bahwa metode ini tidak cocok untuk diterapkan di Indonesia padahal mereka belum mencoba. Kita tidak akan bisa mengharapkan adanya perubahan-perubahan baru dalam kehidupan kita, jika dalam dunia pendidikan tidak ada perubahan dan selalu ketakutan akan adanya perubahan-perubahan baru.(PEB)

Advertisements